RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Sekolah Asal | : | - |
Kelas/Semester | : | 1 / II |
Tema | : | Bekerja |
Alokasi Waktu | : | 8 x 35 menit (2 pertemuan) |
STANDAR KOMPETENSI
IPA | : | 5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia |
Matematika | : | 4. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah |
IPS | : | 2. Mendiskripsikan lingkungan rumah |
Qur’an Hadits | : | 2. Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya |
KOMPETENSI DASAR
IPA | : | 5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia |
Matematika | : | 4.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka |
IPS | : | 2.1 Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga |
Qur’an Hadits | : | 2.1 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya |
INDIKATOR
IPA | : | 5.3.1 Menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim penghujan 5.3.2 Menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim kemarau |
Matematika | : | 4.4.1 Melakukan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek 4.4.2 Melakukan pengurangan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek |
IPS | : | 2.1.1 Menceritakan cita-citanya semasa kecil berdasarkan cerita orang tua 2.1.2 Menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua/orang lain |
Qur’an Hadits | : | 2.1.1 Mampu mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya 2.1.2 Mampu membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya |
TUJUAN PEMBELAJARAN
IPA | : | - Siswa dapat menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim penghujan - Siswa dapat menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim kemarau |
Matematika | : | - Siswa dapat melakukan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek - Siswa dapat melakukan pengurangan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek |
IPS | : | - Siswa dapat menceritakan cita-citanya semasa kecil berdasarkan cerita orang tua - Siswa dapat menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua/orang lain |
Qur’an Hadits | : | - Siswa dapat mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya - Siswa dapatmembaca huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya |
MATERI POKOK
IPA | : | Pengaruh cuaca |
Matematika | : | Penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka |
IPS | : | Peristiwa penting |
Qur’an Hadits | : | Huruf hijaiyah dan tanda bacanya |
STRATEGI PEMBELAJARAN
IPA | : | Tanya jawab, Brainstorming, Poster coment, ceramah, nyanyian, penugasan, |
Matematika | : | Tanya jawab, Brainstorming, Jigsaw learning, ceramah, penugasan. |
IPS | : | Tanya jawab, Brainstorming, ceramah, Numbered Heads Together, index card match, nyanyian. |
Qur’an hadits | : | Tanya jawab, Brainstorming, reading aload, ceramah, baca simak. |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
1. Kegiatan Awal
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode/ strategi | Sumber/ bahan/alat |
10’ | § Salam Guru mengucapkan salam dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a. | Tanya jawab | - |
§ Absensi Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siapa saja yang tidak masuk. | Tanya jawab | Buku absensi | |
§ Apersepsi Guru bertanya pada siswa tentang bagaimana hawa pada pagi ini? | Brainstorming | - | |
§ Tujuan Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran. | Tanya jawab | - |
2. Kegiatan Inti
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode/ strategi | Sumber/ bahan/alat |
60’ | § Guru menempelkan gambar tentang pengaruh cuaca dan siswa diminta untuk mengamati gambar tersebut. § Siswa diminta untuk berkomentar mengenai gambar tersebut. | Poster coment | Gambar pengaruh cuaca (lampiran 1 IPS) |
§ Guru mengklarifikasi komentar siswa dan menyampaikan materi tentang pengaruh cuaca. | Ceramah | Sholehudin dan Evi Susanti. Asyiknya Belajar IPA -1 SD. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008 | |
§ Siswa dan guru menyanyikan lagu “tik-tik-tik bunyi hujan”. | Nyanyian | Lagu tik-tik-tik bunyi hujan | |
§ Siswa ditunjuk secara acak untuk menyimpulkan pengaruh cuaca tersebut. | Tanya jawab | - | |
§ Siswa mengerjakan soal-soal dan dikumpulkan saat itu juga. | Penugasan | Lampiran 2 IPA | |
§ Siswa dan guru mengklarifikasi soal-soal tersebut. | Tanya jawab | - | |
60’ | § Guru bertanya pada siswa tentang macam-macam bilangan. | Brainstorming | - |
Ceramah | Kismiantini dan Dyan Indrawati. Dunia Matematika untuk kelas 1. Jakarta: Kepala Pusat Perbukuan Dinas. 2008 | ||
§ Siswa diminta untuk berpasangan, dan berdiskusi untuk mengerjakan soal-soal pengurangan dan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek. § Siswa secara acak diminta untuk maju ke depan mengerjakan 1 soal yang sudah dikerjakan dan ditentukan oleh guru dan ditulis di papan tulis. | Jigsaw learning | Lembar soal (lampiran 2 Matematika tugas kelompok) | |
§ Siswa dan guru mengklarifikasi hasil kerjaan siswa di papan tulis. | Tanya jawab | Hasil kerjaan di papan tulis | |
§ Siswa mengerjakan soal-soal secara individu dan dikumpulkan saat itu juga. | Penugasan | Lembar soal (lampiran 2 Matematika tugas individu) |
3. Kegiatan Akhir
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode/ strategi | Sumber/ bahan/alat |
10’ | § Refleksi Dua siswa diminta maju ke depan untuk merefleksikan kembali apa yang sudah diperoleh. | Tanya jawab | - |
§ RTL Guru memberikan tugas paket halaman 34 bagian A dan B untuk dikerjakan di rumah dan memberikan nasihat kepada siswa serta membawa foto kenangan (yang sudah ditanyakan ke orang tua cerita dari foto tersebut) dari rumah untuk dibawa ke sekolah esok harinya. | Penugasan | Kismiantini dan Dyan Indrawati. Dunia Matematika untuk kelas 1. Jakarta: Kepala Pusat Perbukuan Dinas. 2008 | |
§ Salam Guru mengucapkan salam sebelum meninggalkan kelas. | Tanya jawab | - |
Pertemuan ke-2
1. Kegiatan Awal
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode/ strategi | Sumber/ bahan/alat |
10’ | § Salam Guru mengucapkan salam dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a. | Tanya jawab | - |
§ Absensi Guru mengabsen siswa dengan menanyakan siapa saja yang tidak masuk. | Tanya jawab | Buku absensi | |
§ Apersepsi Guru bertanya pada siswa tentang makna dari foto? Dan apakah semua membawa foto seperti yang sudah dijelaskan pertemuan selanjutnya? | Brainstorming | - | |
§ Tujuan Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran. | Tanya jawab | - |
2. Kegiatan Inti
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode/ strategi | Sumber/ bahan/alat |
60’ | § Siswa dibagikan nomor secara acak (tidak urut absen) § Siswa ditunjuk satu persatu secara acak juga untuk menyampaikan apa yang dicita-citakan semasa kecil (cerita orang tua) dan menyampaikan cerita apa yang ada di dalam foto yang telah dibawa. | Numbered Heads Together | Foto keluarga |
§ Guru menyampaikan materi tentang peristiwa penting yang dialami. | Ceramah | Edi Hernawan dan Endang Hendayani. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008 | |
§ Guru membagikan kartu satu persatu yang berisi pertanyaan dan jawaban. § Siswa yang membawa kartu pertanyaan membaca pertanyaan tersebut, siswa yang lain menyimak dan yang mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dibaca temannya tadi membaca jawaban tersebut, begitu seterusnya. | Index card match | Kartu yang berisikan pertanyaan dan jawaban (lampiran 2 IPS) | |
§ Siswa dan guru menyanyikan sejenak lagu “satu-satu aku sayang ibu”. | Nyanyian | Lagu “satu-satu aku sayang ibu” | |
60’ | § Salah satu siswa tulisan arab terdiri dari apa saja? | Brainstorming | - |
§ Guru melafalkan tulisan mengenai huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya dengan suara jelas secara perlahan-lahan. Siswa diminta untuk menirukan bacaan guru mengenai huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang. | Reading aload | Huruf-huruf hijaiyah beserta bacaannya (lampiran 1 Qur’an Hadits) | |
§ Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi huruf-huruf hijaiah dari alif sampai ya beserta tanda bacanya. § Guru membimbing siswa untuk membaca huruf hijaiah sesuai dengan tanda bacanya, seperti fathah, kasrah, damah, fathah tanwin, kasrah tanwin, dan damah tanwin. | Ceramah | ||
§ Guru menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk membaca huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya yang ada di tulisan. § Guru meminta siswa yang lain untuk menyimak bacaan temannya yang maju ke depan dan membetulkan bacaan apabila ada kesalahan dan memberikan apresiasi jika bacaan teman-temannya benar. | Baca simak |
3. Kegiatan Akhir
Waktu | Kegiatan Pembelajaran | Metode/ strategi | Sumber/ bahan/alat |
10’ | § Refleksi Dua siswa diminta maju ke depan untuk merefleksikan kembali apa yang sudah diperoleh. | Tanya jawab | - |
§ RTL Guru memberikan tugas paket halaman 81-84 untuk dikerjakan di rumah dan memberikan nasihat kepada siswa. | Penugasan | Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI MI 1. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. | |
§ Salam Guru mengucapkan salam sebelum meninggalkan kelas. | Tanya jawab | - |
A. Sumber/ bahan/ alat :
1. Edi Hernawan dan Endang Hendayani. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008
2. Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI MI 1. Solo: PT .Tiga SerangkaiPustaka Mandiri.
3. Kismiantini dan Dyan Indrawati. Dunia Matematika untuk kelas 1. Jakarta: Kepala Pusat Perbukuan Dinas. 2008
4. Sholehudin dan Evi Susanti. Asyiknya Belajar IPA -1 SD. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008
5. Lembar kerja, strategi,
6. Gambar pengaruh cuaca, huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
7. Lagu “tik-tik-tik bunyi hujan” dan “satu-satu aku sayang ibu”.
B. Lampiran
1. Uraian materi
2. Uraian dan kunci jawaban
3. Instrumen penilaian
4. Lembar analisis KKM
C. Penilaian
Mata Pelajaran | Penilaian | |
Teknik | Bentuk instrumen | |
IPA | Tes | Mencocokkan |
Matematika | Tes | Esay |
IPS | Tes | Performance |
Qur’an Hadits | Tes | Performance |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. KURNIA HIDAYATI, M.Pd NIP: 198106202006042001 | Ponorogo, 27 Juni 2012 Guru Tematik Kelas I RESTU YULIA H UMAH NIM : 210609071 |
Lampiran 1
URAIAN MATERI
IPA
persiapan bila musim hujan tiba
agar tubuh tetap sehatbisa menjaga tubuh dengansedia payung sebelum hujan
tidak main hujan hujanan
memakai baju tebal
bila di musim kemarauair sumur mulai mongering dan juga bisa berhemat air dengan
tidak bermain airtidak boros memakai air
Matematika
a. penjumlahan dengan cara bersusun pendek
perhatikan contoh berikut
1 3
1 6
dimana 6 menempati satuan
1 menempati puluhan
b. Pengurangan bilangan bersusun pendek
Perhatikan contoh berikut!
1 4
|
1 1
4 – 3 = 1 ditulis pada tempat satuan
1 diturunkan dan ditulis pada tempat puluhan
IPS
Amatilah gambar berikut!
peristiwa adalah kejadianyang telah terjadi
peristiwa ada yang pentingada juga yang biasa saja
ada yang masih kita ingatada pula yang sudah kita lupa
bila kita ingat suatu peristiwamaka kita bisa menuliskannyamenyebutkan atau menceritakannya
peristiwa penting dapat kamu alamidi rumah dan di lingkungan sekitaratau di sekolah
selain pada orang tuakita juga bisa minta bantuanpada saudara dan kerabat
mereka pun dapat membantumenceritakan peristiwa yang dialamisaat kita masih kecil
ada pula benda yang dapatmengingatkan kita padaperistiwa di masa laluatau pada diri seseorang
benda tersebut disebutbenda kenang kenangan
Qur’an Hadits
Huruf Hijaiyah | Huruf Hijaiyah | Huruf Hijaiyah | Tanda baca |
ر | ف | َ | |
ا | ز | ق | ِ |
ب | س | ك | ُ |
ت | ش | ل | ًَ |
ث | ص | م | ٰ |
ج | ض | ن | ٍِ |
ح | ط | و | ٌُ |
خ | ظ | ه | ّ |
د | ع | ء | ْ |
ذ | غ | ي | ٓ |
Lampiran 2
Uraian Soal
IPA
ayo melengkapi kalimat agar benar 1. matahari terbit pada . . . hari 2. bulan . . . bentuknya bundar 3. . . . tidak terlihat di malam hari 4. di musim . . . banyak pohon kekeringan 5. di musim hujan sering terjadi . . . 6. jas hujan digunakan di waktu . . . 7. tubuh merasa . . . sebaiknyadiselimuti . . . 8. melindungi dari panas sinar matahari 9. di musim kemarau air sumur menjadi . . . 10. yang termasuk cuaca adalah . . . . . . dan . . . | pilihan kata jawabannya adalah. . . v kemarau v kedinginan v udara hujan awan v paying v pagi v purnama v matahari v banjir v hujan v sedikit |
Matematika
Tugas kelompok
1. 1 4
. . . .-
2. 1 7 3. 3 7 4. 1 6 + 1 3 = . . .
|
|
. . . . . .
Kunci jawaban
1. 18 2. 11 3. 59 4. 29 5. 12
Tugas individu
1.
1 7
8
| ||||
. . . . .
2. 1 6 3. 2 6 4. 2 0 + 7 = . . .
|
|
. . . . . .
6. 3 8 7. 2 1 8. 1 7 9. 2 4 10. 26
|
|
|
|
. . . . . . . . . …. ….+
Kunci jawaban
1. 1. 25 2. 39 3. 22 4. 27 5. 3
6. 32 7. 29 8. 11 9. 26 10. 29
IPS
Soal index card match
1. peristiwa adalah … yang telah terjadi (kegiatan)
2. peristiwa penting selalu kita …. (ingat)
3. salah satu cara mengingat peristiwa yaitu (melihat foto)
4. anggota keluarga yang dapat menceritakan masa lalu kita adalah (ayah)
5. contoh peristiwa menyenangkan misalnya (juara lomba gambar)
6. contoh peristiwa tidak menyenangkan misalnya (terbaring sakit)
7. contoh cerita masa balita misalnya (juara bayi sehat)
8. peristiwa adalah kejadian yang telah (terjadi)
9. peristiwa penting selalu berkesan di (fikran hati)
10. peristiwa ada yang … ada juga yang ….
Lampiran 3
Instrument Penilaian
IPA
No. | Nama | Butir soal | jumlah | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1 | ||||||||||||
2 | ||||||||||||
3 | ||||||||||||
dst |
· Beri tanda (√) pada kolom butir soal di masing-masing butir soal yang benar
· Jumlah maksimal skor 10
Matematika
tugas individu
No. | Nama | Butir soal | jumlah | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||
1 | ||||||||||||
2 | ||||||||||||
3 | ||||||||||||
dst |
· Beri tanda (√) pada kolom butir soal di masing-masing butir soal yang benar
· Jumlah maksimal skor 10
IPS
No. | Nama | performance | Jumlah | ||
Sikap | Intonasi | artikulasi | |||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
dst |
Keterangan
Skor 1 = cukup
Skor 2 = baik
Skor 3 = amat baik
Tiap-tiap butir maksimal 3, jumlah maksimal 9
Qur’an Hadits
No. | Nama | performance | Jumlah | ||
Sikap | Intonasi | artikulasi | |||
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
dst |
Keterangan
Skor 1 = cukup
Skor 2 = baik
Skor 3 = amat baik
Tiap-tiap butir maksimal 3, jumlah maksimal 9
gimana cara donwload fail ini
BalasHapus