RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP) TEMATIK
Sekolah   Asal  |    :  |    -  |   
Kelas/Semester  |    :  |    1   / II  |   
Tema     |    :  |    Bekerja  |   
Alokasi   Waktu  |    :  |    8   x 35 menit (2 pertemuan)  |   
STANDAR KOMPETENSI
IPA  |    :  |    5.  Mengenal berbagai benda langit dan   peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia  |   
Matematika  |    :  |    4.  Melakukan penjumlahan dan pengurangan   bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah  |   
IPS  |    :  |    2.  Mendiskripsikan lingkungan rumah  |   
Qur’an   Hadits  |    :  |    2.    Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya  |   
KOMPETENSI DASAR
IPA  |    :  |    5.3     Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan  terhadap kegiatan manusia  |   
Matematika  |    :  |    4.4     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka  |   
IPS  |    :  |    2.1     Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan   keluarga  |   
Qur’an   Hadits  |    :  |    2.1  Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya  |   
INDIKATOR
IPA  |    :  |    5.3.1  Menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada   musim penghujan 5.3.2  Menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada   musim kemarau  |   
Matematika  |    :  |    4.4.1  Melakukan penjumlahan bilangan dua angka   dengan cara bersusun pendek 4.4.2  Melakukan pengurangan bilangan dua angka   dengan cara bersusun pendek  |   
IPS  |    :  |    2.1.1  Menceritakan cita-citanya semasa kecil   berdasarkan cerita orang tua 2.1.2  Menceritakan peristiwa penting yang dialami   sendiri di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua/orang lain  |   
Qur’an   Hadits  |    :  |    2.1.1  Mampu mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah   dan tanda bacanya 2.1.2    Mampu membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya  |   
TUJUAN PEMBELAJARAN
IPA  |    :  |    -       Siswa   dapat menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim penghujan -       Siswa   dapat menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim kemarau  |   
Matematika  |    :  |    -       Siswa   dapat melakukan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek -       Siswa   dapat melakukan pengurangan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek  |   
IPS  |    :  |    -       Siswa   dapat menceritakan cita-citanya semasa kecil berdasarkan cerita orang tua -       Siswa   dapat menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan   keluarga berdasarkan cerita orang tua/orang lain  |   
Qur’an   Hadits  |    :  |    -       Siswa   dapat mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya -       Siswa   dapatmembaca huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya  |   
MATERI POKOK
IPA  |    :  |    Pengaruh   cuaca  |   
Matematika  |    :  |    Penjumlahan   dan pengurangan bilangan dua angka  |   
IPS  |    :  |    Peristiwa   penting  |   
Qur’an   Hadits  |    :  |    Huruf   hijaiyah dan tanda bacanya  |   
STRATEGI PEMBELAJARAN
IPA  |    :  |    Tanya   jawab, Brainstorming, Poster coment,   ceramah, nyanyian, penugasan,  |   
Matematika  |    :  |    Tanya   jawab, Brainstorming, Jigsaw learning,   ceramah, penugasan.  |   
IPS  |    :  |    Tanya   jawab, Brainstorming, ceramah, Numbered Heads Together, index card match,   nyanyian.  |   
Qur’an   hadits  |    :  |    Tanya   jawab, Brainstorming, reading aload,   ceramah, baca simak.  |   
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
1.    Kegiatan Awal
Waktu  |    Kegiatan   Pembelajaran  |    Metode/   strategi  |    Sumber/   bahan/alat  |   
10’  |    §  Salam Guru mengucapkan   salam dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
§  Absensi Guru mengabsen siswa   dengan menanyakan siapa saja yang tidak masuk.  |    Tanya   jawab  |    Buku   absensi  |   |
§  Apersepsi Guru bertanya pada   siswa tentang bagaimana hawa pada pagi ini?  |    Brainstorming     |    -  |   |
§  Tujuan Guru menyampaikan   tujuan dari pembelajaran.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
2.        Kegiatan Inti
Waktu  |    Kegiatan   Pembelajaran  |    Metode/   strategi  |    Sumber/   bahan/alat  |   
60’  |    § Guru   menempelkan gambar tentang pengaruh cuaca dan siswa diminta untuk mengamati   gambar tersebut. §  Siswa   diminta untuk berkomentar mengenai gambar tersebut.  |    Poster coment  |    Gambar   pengaruh cuaca (lampiran 1 IPS)  |   
§  Guru   mengklarifikasi komentar siswa dan menyampaikan materi tentang pengaruh cuaca.  |    Ceramah  |    Sholehudin dan Evi Susanti. Asyiknya Belajar IPA -1 SD.   Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008  |   |
§ Siswa   dan guru menyanyikan lagu “tik-tik-tik bunyi hujan”.  |    Nyanyian     |    Lagu tik-tik-tik bunyi hujan  |   |
§ Siswa   ditunjuk secara acak untuk menyimpulkan pengaruh cuaca tersebut.  |    Tanya   jawab  |    -  |   |
§ Siswa   mengerjakan soal-soal dan dikumpulkan saat itu juga.  |    Penugasan  |    Lampiran   2 IPA  |   |
§  Siswa   dan guru mengklarifikasi soal-soal tersebut.  |    Tanya   jawab  |    -  |   |
60’  |    § Guru   bertanya pada siswa tentang macam-macam bilangan.  |    Brainstorming  |    -  |   
Ceramah  |    Kismiantini dan Dyan   Indrawati. Dunia Matematika untuk kelas   1. Jakarta: Kepala Pusat Perbukuan Dinas. 2008  |   ||
§  Siswa   diminta untuk berpasangan, dan berdiskusi untuk mengerjakan soal-soal   pengurangan dan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek. §  Siswa   secara acak diminta untuk maju ke depan mengerjakan 1 soal yang sudah   dikerjakan dan ditentukan oleh guru dan ditulis di papan tulis.  |    Jigsaw learning  |    Lembar   soal (lampiran 2 Matematika tugas kelompok)  |   |
§ Siswa   dan guru mengklarifikasi hasil kerjaan siswa di papan tulis.  |    Tanya   jawab  |    Hasil   kerjaan di papan tulis  |   |
§ Siswa   mengerjakan soal-soal secara individu dan dikumpulkan saat itu juga.  |    Penugasan     |    Lembar   soal (lampiran 2 Matematika tugas individu)  |   
3.        Kegiatan Akhir
Waktu  |    Kegiatan   Pembelajaran  |    Metode/   strategi  |    Sumber/   bahan/alat  |   
10’  |    §  Refleksi Dua siswa diminta   maju ke depan untuk merefleksikan kembali apa yang sudah diperoleh.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
§  RTL Guru memberikan tugas   paket halaman 34 bagian A dan B untuk dikerjakan di rumah dan memberikan   nasihat kepada siswa serta membawa foto kenangan (yang sudah ditanyakan ke   orang tua cerita dari foto tersebut) dari rumah untuk dibawa ke sekolah esok   harinya.  |    Penugasan  |    Kismiantini   dan Dyan Indrawati. Dunia Matematika   untuk kelas 1. Jakarta: Kepala Pusat Perbukuan Dinas. 2008  |   |
§  Salam Guru mengucapkan   salam sebelum meninggalkan kelas.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
Pertemuan ke-2
1.    Kegiatan Awal
Waktu  |    Kegiatan   Pembelajaran  |    Metode/   strategi  |    Sumber/   bahan/alat  |   
10’  |    §  Salam Guru mengucapkan   salam dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin do’a.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
§  Absensi Guru mengabsen siswa   dengan menanyakan siapa saja yang tidak masuk.  |    Tanya   jawab  |    Buku   absensi  |   |
§  Apersepsi Guru bertanya pada   siswa tentang makna dari foto? Dan apakah semua membawa foto seperti yang   sudah dijelaskan pertemuan selanjutnya?  |    Brainstorming     |    -  |   |
§  Tujuan Guru menyampaikan   tujuan dari pembelajaran.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
2.        Kegiatan Inti
Waktu  |    Kegiatan   Pembelajaran  |    Metode/   strategi  |    Sumber/   bahan/alat  |   
60’  |    §   Siswa   dibagikan nomor secara acak (tidak urut absen) §    Siswa   ditunjuk satu persatu secara acak juga untuk menyampaikan apa yang   dicita-citakan semasa kecil (cerita orang tua) dan menyampaikan cerita apa   yang ada di dalam foto yang telah dibawa.  |    Numbered Heads Together  |    Foto   keluarga  |   
§  Guru   menyampaikan materi tentang peristiwa penting yang dialami.  |    Ceramah  |    Edi Hernawan dan Endang Hendayani. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk   kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008  |   |
§  Guru   membagikan kartu satu persatu yang berisi pertanyaan dan jawaban. §  Siswa   yang membawa kartu pertanyaan membaca pertanyaan tersebut, siswa yang lain   menyimak dan yang mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dibaca temannya   tadi membaca jawaban tersebut, begitu seterusnya.  |    Index card match  |    Kartu yang berisikan pertanyaan dan jawaban (lampiran 2 IPS)  |   |
§  Siswa   dan guru menyanyikan sejenak lagu “satu-satu aku sayang ibu”.  |    Nyanyian  |    Lagu “satu-satu aku sayang ibu”  |   |
60’  |    §  Salah   satu siswa tulisan arab terdiri dari apa saja?  |    Brainstorming   |    -  |   
§    Guru   melafalkan tulisan mengenai huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya dengan   suara jelas secara perlahan-lahan. Siswa diminta untuk menirukan bacaan guru   mengenai huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya. Hal ini dilakukan secara   berulang-ulang.  |    Reading aload  |    Huruf-huruf hijaiyah beserta bacaannya (lampiran 1 Qur’an Hadits)  |   |
§     Guru   membimbing siswa untuk mengidentifikasi huruf-huruf hijaiah dari alif   sampai ya beserta tanda bacanya. §    Guru   membimbing siswa untuk membaca huruf hijaiah sesuai dengan tanda bacanya,   seperti fathah, kasrah, damah, fathah tanwin, kasrah tanwin, dan damah   tanwin.  |    Ceramah     |   ||
§    Guru   menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk membaca huruf-huruf hijaiah dan   tanda bacanya  yang ada di tulisan. §     Guru   meminta siswa yang lain untuk menyimak bacaan temannya yang maju ke depan dan   membetulkan bacaan apabila ada kesalahan dan memberikan apresiasi jika bacaan   teman-temannya benar.  |    Baca   simak  |   
3.        Kegiatan Akhir
Waktu  |    Kegiatan   Pembelajaran  |    Metode/   strategi  |    Sumber/   bahan/alat  |   
10’  |    §  Refleksi Dua siswa diminta   maju ke depan untuk merefleksikan kembali apa yang sudah diperoleh.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
§  RTL Guru memberikan tugas   paket halaman 81-84 untuk dikerjakan di rumah dan memberikan nasihat kepada   siswa.  |    Penugasan  |    Cinta   Al-Qur’an dan Hadis MI MI 1. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.  |   |
§  Salam Guru mengucapkan   salam sebelum meninggalkan kelas.  |    Tanya   jawab  |    -  |   
A.    Sumber/ bahan/ alat     : 
1.    Edi Hernawan dan Endang Hendayani. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008 
2.    Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI MI 1. Solo: PT .Tiga SerangkaiPustaka Mandiri.
3.    Kismiantini dan Dyan Indrawati. Dunia Matematika untuk kelas 1. Jakarta: Kepala Pusat Perbukuan Dinas. 2008
4.    Sholehudin dan Evi Susanti. Asyiknya Belajar IPA -1 SD. Jakarta: Pusat Perbukuan Dinas. 2008
5.    Lembar kerja, strategi, 
6.    Gambar pengaruh cuaca, huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
7.    Lagu “tik-tik-tik bunyi hujan” dan “satu-satu aku sayang ibu”.
B.     Lampiran
1.      Uraian materi
2.      Uraian dan kunci jawaban
3.      Instrumen penilaian
4.      Lembar analisis KKM
C.     Penilaian
Mata Pelajaran  |    Penilaian  |   |
Teknik  |    Bentuk instrumen  |   |
IPA  |    Tes  |    Mencocokkan  |   
Matematika  |    Tes  |    Esay  |   
IPS  |    Tes  |    Performance   |   
Qur’an   Hadits  |    Tes   |    Performance   |   
Mengetahui  Kepala Sekolah SD/MI ……. KURNIA HIDAYATI, M.Pd NIP: 198106202006042001  |    Ponorogo, 27 Juni 2012 Guru Tematik Kelas I RESTU YULIA H UMAH NIM : 210609071  |   
Lampiran 1
URAIAN MATERI
IPA
persiapan bila musim hujan tiba
agar tubuh tetap sehatbisa menjaga tubuh dengansedia payung sebelum hujan
tidak main hujan hujanan
 memakai baju tebal
bila di musim kemarauair sumur mulai mongering dan juga bisa berhemat air dengan
 tidak bermain airtidak boros memakai air
Matematika
a.        penjumlahan dengan cara bersusun pendek
perhatikan contoh berikut
              1 3
    1 6
dimana 6 menempati satuan
                1 menempati puluhan
b.             Pengurangan bilangan bersusun pendek
Perhatikan contoh berikut!
                                 1 4                                                              
|     |   
                                  1 1
4 – 3 = 1 ditulis pada tempat satuan
1 diturunkan dan ditulis pada tempat puluhan
IPS
Amatilah gambar berikut!
peristiwa adalah kejadianyang telah terjadi
peristiwa ada yang pentingada juga yang biasa saja
ada yang masih kita ingatada pula yang sudah kita lupa
bila kita ingat suatu peristiwamaka kita bisa menuliskannyamenyebutkan atau menceritakannya
peristiwa penting dapat kamu alamidi rumah dan di lingkungan sekitaratau di sekolah
selain pada orang tuakita juga bisa minta bantuanpada saudara dan kerabat
mereka pun dapat membantumenceritakan peristiwa yang dialamisaat kita masih kecil
ada pula benda yang dapatmengingatkan kita padaperistiwa di masa laluatau pada diri seseorang
benda tersebut disebutbenda kenang kenangan
Qur’an Hadits
Huruf Hijaiyah  |    Huruf Hijaiyah  |    Huruf Hijaiyah  |    Tanda baca  |   
ر  |    ف  |    َ  |   |
ا  |    ز  |    ق  |    ِ  |   
ب  |    س  |    ك  |    ُ  |   
ت  |    ش  |    ل  |    ًَ  |   
ث  |    ص  |    م  |    ٰ  |   
ج  |    ض  |    ن  |    ٍِ  |   
ح  |    ط  |    و  |    ٌُ  |   
خ  |    ظ  |    ه  |    ّ  |   
د  |    ع  |    ء  |    ْ  |   
ذ  |    غ  |    ي  |    ٓ  |   
Lampiran 2
Uraian Soal
IPA
ayo melengkapi kalimat agar benar 1.          matahari terbit pada . . . hari 2.          bulan . . . bentuknya bundar 3.          . . .  tidak terlihat di malam hari 4.          di musim  . . . banyak pohon kekeringan 5.          di musim hujan sering   terjadi  . . . 6.          jas hujan digunakan di waktu . .   . 7.          tubuh merasa  . . .    sebaiknyadiselimuti . . . 8.          melindungi dari panas sinar   matahari 9.          di musim kemarau air sumur   menjadi . . . 10.      yang termasuk cuaca adalah  . . .    . . . dan  . . .  |    pilihan   kata jawabannya adalah. . .  v  kemarau v  kedinginan v  udara   hujan awan v  paying v  pagi v  purnama v  matahari v  banjir v  hujan v  sedikit  |   
Matematika
Tugas kelompok
1.                  1  4
                  . . . .-
2.        1 7                        3.      3 7                      4.   1 6 + 1 3 = . . .
|     |   
|     |   
. . .                               . . .
Kunci jawaban
1.      18        2.   11              3.  59               4.   29              5.   12
Tugas individu
1.                   
                                                                                                          1 7
8
   
  |   ||||
                                                                                                       . . . . .        
2.             1 6                      3.         2 6                   4.    2 0 + 7 = . . .
|     |   
|     |   
. . .                                   . . .
6.       3 8              7.       2 1                8.     1 7                       9.   2 4                  10.   26
|     | 
   
  |   
   
  |   
   
  |   
. . .                         . . .                         . . .                             ….                        ….+
Kunci jawaban
1.                  1.   25        2.   39              3.  22               4.   27              5.   3
      6.   32        7.   29              8.  11               9.   26              10.  29
IPS
Soal index card match
1.        peristiwa adalah …  yang telah terjadi (kegiatan)
2.        peristiwa penting selalu kita …. (ingat)
3.        salah satu cara mengingat peristiwa yaitu (melihat foto)
4.        anggota keluarga yang dapat menceritakan masa lalu kita adalah (ayah)
5.        contoh peristiwa menyenangkan misalnya (juara lomba gambar)
6.        contoh peristiwa tidak menyenangkan misalnya (terbaring sakit)
7.        contoh cerita masa balita misalnya (juara bayi sehat)
8.        peristiwa adalah kejadian yang telah (terjadi)
9.        peristiwa penting selalu berkesan di (fikran hati)
10.    peristiwa ada yang … ada juga yang ….
Lampiran 3
Instrument Penilaian
IPA
No.  |    Nama  |    Butir   soal  |    jumlah  |   |||||||||
1  |    2  |    3  |    4  |    5  |    6  |    7  |    8  |    9  |    10  |   |||
1  |    ||||||||||||
2  |    ||||||||||||
3  |    ||||||||||||
dst  |    ||||||||||||
·         Beri tanda (√) pada kolom butir soal di masing-masing butir soal yang benar
·         Jumlah maksimal skor 10
Matematika                
tugas individu
No.  |    Nama  |    Butir   soal  |    jumlah  |   |||||||||
1  |    2  |    3  |    4  |    5  |    6  |    7  |    8  |    9  |    10  |   |||
1  |    ||||||||||||
2  |    ||||||||||||
3  |    ||||||||||||
dst  |    ||||||||||||
·         Beri tanda (√) pada kolom butir soal di masing-masing butir soal yang benar
·         Jumlah maksimal skor 10
IPS
No.  |    Nama  |    performance  |    Jumlah  |   ||
Sikap  |    Intonasi  |    artikulasi  |   |||
1  |    |||||
2  |    |||||
3  |    |||||
dst  |    |||||
Keterangan
Skor 1 = cukup
Skor 2 = baik
Skor 3 = amat baik
Tiap-tiap butir maksimal 3, jumlah maksimal 9
Qur’an Hadits
No.  |    Nama  |    performance  |    Jumlah  |   ||
Sikap  |    Intonasi  |    artikulasi  |   |||
1  |    |||||
2  |    |||||
3  |    |||||
dst  |    |||||
Keterangan
Skor 1 = cukup
Skor 2 = baik
Skor 3 = amat baik
Tiap-tiap butir maksimal 3, jumlah maksimal 9
gimana cara donwload fail ini
BalasHapus