Silabus Tematik kelas 1 semester 2

SILABUS TEMATIK

Nama Sekolah
:
-
Kelas/Semester
:
1 / II
Tema
:
Bekerja

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Indikator
Materi
Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/Alat
IPA
5.  Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia

5.3Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia

5.3.1  Menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim penghujan
5. 3.2 Menyebutkan pekerjaan yang dilakukan pada musim kemarau

Pengaruh cuaca

1.     Guru menempelkan gambar tentang pengaruh cuaca dan siswa diminta untuk mengamati gambar tersebut
2.     Siswa diminta untuk berkomentar mengenai gambar tersebut
3.     Guru mengklarifikasi komentar siswa dan menyampaikan materi tentang pengaruh cuaca
4.     Siswa dan guru menyanyikan lagu “tik-tik-tik bunyi hujan”
5.     Siswa mengerjakan soal-soal dan dikumpulkan saat itu juga
6.     Siswa dan guru mengklarifikasi soal-soal tersebut

Tes tulis (mencocokkan)

2 x 35 menit

Buku bacaan, gambar pengaruh cuaca, lagu “tik-tik-tik bunyi hujan”

IPS
2. Mendiskripsikan lingkungan rumah

2.1Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

2.1.1  Menceritakan cita-citanya semasa kecil berdasarkan cerita orang tua
2.1.2  Menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua/orang lain di depan kelas

Peristiwa penting

1.   Siswa dibagikan nomor secara acak (tidak urut absen).
2.   Siswa ditunjuk satu persatu secara acak juga untuk menyampaikan apa yang dicita-citakan semasa kecil (cerita orang tua) dan menyampaikan cerita apa yang ada di dalam foto yang telah dibawa.
3.   Guru menyampaikan materi tentang peristiwa penting.
4.   Guru membagikan kartu satu persatu yang berisi pertanyaan dan jawaban.
5.   Siswa yang membawa kartu pertanyaan membaca pertanyaan tersebut, siswa yang lain menyimak dan yang mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dibaca temannya tadi membaca jawaban tersebut, begitu seterusnya.

Tes lisan (bercerita)

2 x 35 menit

Buku bacaan, foto keluarga, lagu “satu-satu aku sayang ibu”
Matematika
4.  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah

4.4Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka

4.4.1  Melakukan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek
4.4.2  Melakukan pengurangan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek

Pengurangan dan penjumlahan bilangan dua angka

1.   Guru menyampaikan materi tentang penjumlahan dan pengurangan bersusun pendek.
2.   Siswa diminta untuk berpasangan, dan berdiskusi untuk mengerjakan soal-soal pengurangan dan penjumlahan bilangan dua angka dengan cara bersusun pendek.
3.   Siswa secara acak diminta untuk maju ke depan mengerjakan 1 soal yang sudah dikerjakan dan ditentukan oleh guru dan ditulis di papan tulis.
4.   Siswa dan guru mengklarifikasi hasil kerjaan siswa di papan tulis.

Tes tulis (kelompk dan individu)

2 x 35 menit

Buku bacaan, lampiran soal
Qur’an Hadits
2.  Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya

2.1 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya

2.1.1  Mampu mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
2.1.2  Mampu membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai dengan makhrajnya

Huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya

1.     Guru melafalkan tulisan mengenai huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya dengan suara jelas secara perlahan-lahan. Siswa diminta untuk menirukan bacaan guru mengenai huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang.
2.    Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi huruf-huruf hijaiah dari alif sampai ya beserta tanda bacanya.
3.    Guru membimbing siswa untuk membaca huruf hijaiah sesuai dengan tanda bacanya, seperti fathah, kasrah, damah, fathah tanwin, kasrah tanwin, dan damah tanwin.
4.    Guru menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk membaca huruf-huruf hijaiah dan tanda bacanya  yang ada di tulisan.
5.    Guru meminta siswa yang lain untuk menyimak bacaan temannya yang maju ke depan dan membetulkan bacaan apabila ada kesalahan dan memberikan apresiasi jika bacaan teman-temannya benar.

Tes lisan

2 x 35 menit

Buku bacaaan

Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….


KURNIA HIDAYATI, M.Pd
NIP: 198106202006042001

Ponorogo, 27 Juni2012
Guru Tematik Kelas I


RESTU YULIA H UMAH
NIM : 210609071




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

powered by
Socialbar