TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

1.   Jelaskan pengertian hakekat penelitian serta kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran!
Penelitian atau riset adalah terjemahan dari bahasa Inggris research, yang merupakan gabungan dari kata re (kembali) dan to search (mencari)..Intinya hakekat penelitian adalah “mencari kembali”. Penelitian menurut istilah adalah penyidikan atau pemeriksaan bersungguh-sungguh, khususnya investigasi atau eksperimen yang bertujuan menemukan dan menafsirkan fakta, revisi atas teori atau dalil yang telah diterima.
Kaitannya penelitian dalam bidang pendidikan adalah mengupayakan secara disiplin dalam mengajukan pertanyaan atau memecahkan masalah melalaui pengumpulan dan analisis data primer yang berhubungan dengan pendidikan dan dengan maksud mendeskripsikan, menjelaskan, menggeneralisasikan dan membuat prediksi. Penelitian pendidikan pada umumnya didasari observasi, pencatan, dan analisis yang dilakukan secara obyektif dan sistematik, yang dimaksudkan untuk menemukan prinsip-prinsip umum dan teori-teori yang mengarah pada prediksi prilaku dan kejadian-kejadin dimasa yang akan datang.  Tujuan utamanya adalah memahami, memprediksi dan kalau memungkinkan mengendalikan. Sesuai dengan jenis metodologi yang digunakan dalam penelitian pendidikan.

2.   Apa saja yang menjadi sumber dalam masalah penelitian? Dan berikan contoh cara mengemukakan masalah penelitian!
·       Sumber-sumber dalam masalah penelitian yaitu: Bacaan, terutama bacaan yang berisi laporan hasil penelitian; Pengamatan Sepintas/Fakta di lapangan; Pengalaman Pribadi; Pertemuan Ilmiah: Seminar, Diskusi, Lokakarya, Konferensi dan lain-lain; dan Pernyataan Pemegang Otoritas.
·     Untuk mengemukakan masalah penelitian  menunjukkan apa saja yang seharusnya ditulis dalam latar belakang sebuah penelitian. Dengan membaca latar belakang suatu penelitian, maka akan menjadi jelas apa sebenarnya yang hendak diteliti, apa manfaat dan focus penelitian tersebut. Dengan mengetahui dan menyebut kata kunci maka peneliti tahu, sadar dan semakin jelas, konsep-konsep apa yang hendak diteliti. Lebih dari itu peneliti memperoleh petunjuk tentang teori dan yang relevan yang hendak atau harus dipilih, sehingga betul-betul dapat dipahami untuk kemudian digunakan sebagai pembantu dalam mengumpulkan data.

3.        Sebutkan macam-macam sumber pustakan dan kegunaan dari kajian pustaka!
·          Macam-macam sumber pustaka dapat diklasifikasikan menurut bentuk dan isinya.
Klasifikasi menurut bentuknya:
a. Sumber tertulis (printed materials yang biasanya disebut:dokumen) antara lain buku harian,surat kabar, majalah dan lain-lain
b.  Sumber bahan yang tidak tertulis (non printed materials) :adalah segala bentuk sumber bukan tulisan antara lain rekaman suara, benda-benda hasil peninggalan purba kala dan lain-lain
Klasifikasi menurut isi :
a.   Sumber primer adalah sumber bahan yang dikemukakan atau digambarkan sendiri oleh orang sehingga mereka dapat dijadikan saksi
b.   Sumber sekunder adalah sumber bahan kajian yang digambarkan oleh bukan orang yang ikut mengalami atau yang hadir pada waktu kejadian berlangsung.
·        Kegunaan kajian pustaka, yaitu untuk menunjukkan pengetahuan dasar dari penelitian yang dimiliki oleh penulis sehingga bagian ini yang akan menjadi fokus perhatian; untuk memfokuskan perhatian editor penerbit dibidang ilmu sosial humaniora; untuk memperlihatkan bahwa kita telah membaca banyak tentang topik yang kita teliti; untuk mendemonstrasikan pemahaman kritis tentang teori yang dipakai; untuk mengakui hasil karya orang lain dan memberikan pengharegaan kepada mereka yang telah bekerja sebelum kita dan hasil karyanya telah mempengaruhi cara berfikir kita; dan untuk menginformasikan dan memodifikasi penelitian kita.

4.        Apa yang dimaksud dengan asumsi dan hipotesis? Sebutkan jenis-jenis hipotesis dan cara mengujinya!
·      Asumsi adalah anggapan, dugaan, pikiran yang dianggap benar untuk sementara, tetapi belum ada kepastiannya.
·  Hipotesis adalah jawaban sementara yang perlu diuji kebenarannya. dikatakan sementara, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan.

·      Jenis-Jenis Hipotesis:
a.   Hipotesis penelitian. Hipotesis ini terdiri dari dua macam, yaitu Hipotesis  kerja dan hipotesis nol. Hipotesis kerja disusun berdasarkan atas teori yang dipandang handal dan dinyatakan dalam kalimat positif, sedangkan hipotesis nol dirumuskan karena teori yang digunakan masih diragukan kehandalannya dan dinyatakan dalam kalimat negatif. Dalam pengujiannya tidak ada istilah “signifikasi” (taraf kesalahan atau taraf kepercayaan).
b.   Hipotesis statistik, hipotesis ini menyatakan hasil  observasi  tentang populasi dalam bentuk kuantitatif. Dalam pengujiannya akan muncul istilah sifnifikasi.
·    Seluruh hipotesis tersebut dapat diuji dengan cara: menarik kesimpulan tentang konsekuensi yang akan dapat diamati apabila hipotesis itu benar; memilih metode penelitian yang akan memungkinkan pengamatan, eksperimentasi, atau prosedur yang akan diperlukan untuk menunjukkan apakah akibat-akibat tersebut terjadi apa tidak.; dan penerapkan metode ini serta mengumpulkan data yang dapat dianalisis untuk menunjukkan apakah hipotesis tersebut didukung oleh data atau tidak.

5.        Apa yang dimaksud dengan variable? Jelaskan pentingnya memahami variable dalam sebuah penelitian!
·   Variabel adalah konsep yang mempunyai variasi nilai (misalnya variabel model kerja, keuntungan, biaya promosi, volume penjualan, tingkat pendidikan manager, dsb). Variabel juga dapat diartikan sebagai pengelompokkan yang logis dari dua atribut atau lebih.
·     Pentingnya memahami variabel itu karena variabel ini merupakan element penting dalam masalah penelitian, merupakan syarat mutlak bagi peneliti, serta apabila telah memahaminya maka dapat memecah-mecah variabel menjadi kategori-kategori data yang harus dikumpulkan oleh peneliti. Kategori-kategori ini dapat diartikan sebagai indikator variabel. Kategori, indikator, sub variabel ini akan dijadikan pedoman dalam merumuskan hipotesis, menyusun instrument, mengumpulkan data dan kelanjutan langkah penelitian yang lain.

6.        Jelaskan pengertian sumber data, populasi dan sampel!
·               Sumber data adalah subjek dari mana  data dapat diperoleh. Untuk mempermudah mengidentifikasi sumber data, dapat  diklasifikasikan menjadi 3 tingkatan huruf p dari bahasa Inggris, yaitu: Person, yaitu sumber data yang bisa memberikan data berupa jawaban lisan melalui wawancara atau jawaban tertulis melalui agket. Place, yaitu sumber data yang menyajikan tampilan berupa keadaan diam dan bergerak. Paper, yaitu sumber data yang menyajikan tanda-tanda berupa huruf, angka, gambar, atau simbol-simbol lain.
·                           Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan. Populasi berhubungan dengan data, bukan manusianya. Kalau setiap manusia memberikan suatu data, maka banyaknya atau ukuran populasi akan sama dengan banyaknya manusia.
·                              Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Masalah sampel dalam suatu penelitian timbul disebabkan oleh penelitian yang bermaksud memprediksi objek penelitian sebagai akibat dari besarnya jumlah populasi, sehingga harus meneliti sebagian saja dari populasi.

7.    Jelaskan ciri-ciri penelitian eksperimen! Sebutkan perbedaan antara Pre Experimental, Quasy Experimental dan True Experimental Design!
·      Cirri-ciri experiment:
a.   Variabel-veriabel penelitian dan kondisi eksperimen diatur secara tertib ketat (rigorous management), baik dengan menetapkan kontrol, memanipulasi langsung, maupun random (acak).
b.  Adanya kelompok kontrol sebagai data dasar (base line) untuk dibandingkan dengan kelompok eksperimen.
c.    Penelitian ini memusatkan diri pada pengontrolan variansi, untuk memaksimalkan variansi variabel yang berkaitan dengan hipotesis penelitian, meminimalkan variansi variabel pengganggu yang mungkin mempengaruhi hasil eksperimen, tetapi tidak menjadi tujuan penelitian. Di samping itu, penelitian ini meminimalkan variansi kekeliruan, termasuk kekeliruan pengukuran. Untuk itu, sebaiknya pemilihan dan penentuan subjek, serta penempatan subjek dalarn kelompok-kelompok dilakukan secara acak.
d.  Validitas internal (internal validity) mutlak diperlukan pada rancangan penelitian eksperimen, untuk mengetahui apakah manipulasi eksperimen yang dilakukan pada saat studi ini memang benar-benar menimbulkan perbedaan.
e.     Validitas eksternalnya (external validity) berkaitan dengan bagaimana kerepresentatifan penemuan penelitian dan berkaitan pula dengan menggeneralisasikan pada kondisi yang sama.
f.   Semua variabel penting diusahakan konstan, kecuali variabel perlakuan yang secara sengaja dimanipulasikan atau dibiarkan bervariasi.
·      Perbedaan antara Pre Experimental, Quasy Experimental dan True Experimental Design!
a.   Pre Experimental design. Desain ini dikatakan sebagai pre-experimental design karena belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Rancangan ini berguna untuk mendapatkan informasi awal terhadap pertanyaan yang ada dalam penelitian.
b. True Experimental Design. Dikatakan true experimental (eksperimen yang sebenarnya/betul-betul) karena dalam desain ini peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Ciri utama dari true experimental adalah bahwa, sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelompok kontrol diambil secara random (acak) dari populasi tertentu. Jadi cirinya adalah adanya kelompok kontrol dan sampel yang dipilih secara random.
c.    Quasi Experimental Design. Bentuk desain eksperimen ini merupakan pengembangan dari true experimental design, yang sulit dilaksanakan. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Quasi Experimental Design digunakan karena pada kenyataannya sulit medapatkan kelompok kontrol yang digunakan untuk penelitian.

8.      Apa yang dimaksud dengan penelitian Ex Post Facto? Jelaskan prosedur penelitian Expost Facto!
·   Penelitian Ex Post facto adalah penelitian yang bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, perilaku atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variabel bebas yang secara keseluruhan sudah terjadi.

·           Prosedur penelitian ex post facto  adalah, sebagai berikut:
a.     Perumusan masalah, masalah yang ditetapkan harus mengandung sebab atau kausa bagi munculnya variabel independen, yang dapat diketahui berdasarkan hasil-hasil penelitian yang pernah dilakukan atau penafsiran penelitian terhadap hasil observasi fenomena yang sedang diteliti.
b. Setelah masalah dirumuskan, penelitian harus mampu mengidentifikasi hipotesis tandingan atau yang mungkin dapat menerangkan hubungan antara variabel independen dan dependen.
c.  Penentuan kelompok subjek yang akan dibandingkan. Pertama-tama kelompok yang dipilih harus memiliki karakteristik yang menjadi konsen penelitian selanjutnya peneliti memilih kelompok yang tidak memiliki karakteristik atau berbeda tingkatannya.
d.      Pengumpulan data, hanya data yang diperlukan  yang dikumpulkan.
e.      Analisis data, tehnik analisis data yang digunakan serupa dengan yang digunakan dalam penelitian diferensial maupun eksperimen.
f.       Pernyataan sebab akibat dalam penelitian perlu dilakukan secara hati-hati.

9.        Jelaskan pengertian dari penelitian deskriptif  kualitatis dan jenis-jenis penelitian deskriptif!
·    Penelitian deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya.
·      Jenis penelitian deskriptif, yaitu:
a.    Studi kasus, yaitu suatu penyelidikan intensif tentang individu, dan atau unit sosial yang dilakukan secara mendalam dengan menemukan semua variabel penting tentang perkembangan individu atau unit sosial yang diteliti. Dalam penelitian ini dimungkinkan ditemukannya hal-hal tak terduga kemudian dapat digunakan untuk membuat hipotesis.
b.  Survei. Studi jenis ini merupakan studi pengumpulan data yang relatif terbatas dari kasus-kasus yang relatif besar jumlahnya. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi tentang variabel dan bukan tentang individu.
c.    Studi perkembangan. Studi ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang dapat dipercaya bagaimana sifat-sifat anak pada berbagai usia, bagaimana perbedaan mereka dalam tingkatan-tingkatan usia itu, serta bagaimana mereka tumbuh dan berkembang. Hal ini biasanya dilakukan dengan metode longitudinal dan metode cross-sectional.
d.  Studi tindak lanjut, yakni studi yang menyelidiki perkembangan subyek setelah diberi perlakukan atau kondisi tertentu atau mengalami kondisi tertentu.
e.    Analisis dokumenter. Studi ini sering juga disebut analisis isi yang juga dapat digunakan untuk menyelidiki variabel sosiologis dan psikologis.
f.   Analisis kecenderungan, yaitu analisis yang dugunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang dengan memperhatikan kecenderungan-kecenderungan yang terjadi.
g.  Studi korelasi, yaitu jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menetapkan besarnya hubungan antar variabel yang diteliti.

10.         Apa yang dimaksud dengan PTK? Jelaskan prosedur dalam PTK!
·     Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu upaya dari pihak terkait, khususnya guru sebagai pengajar, untuk meningkatkan atau memperbaiki proses belajar mengajar ke arah tercapainya tujuan pendidikan atau pengajaran itu sendiri.
·           Prosedur dalam PTK:
Prosedur awal dari PTK adalah merasakan ada sesuatu yang ‘tidak beres’.  Jika ada sesuatu yang tidak beres, pertanda ada masalah. Tentu saja masalah itu bukan satu, mungkin lebih dari satu. Oleh karena itu, peneliti (guru) perlu mencari fokus masalah yaitu masalah yang dianggap paling utama. Fokus masalah itu dianalisis oleh peneliti. Inti analisisnya adalah mengungkapkan faktor penyebab masalah, memprediksi implikasi (akibat yang bisa timbul jika masalah tidak diatasi), dan intervensi (deskripsi beberapa strategi pembelajaran sebagai alternatif untuk memecahkan masalah). Jadi penentuan masalah dan analisis masalah merupakan prosedur awal dari PTK.
Prosedur kedua adalah rencana pemecahan masalah atau rencana tindakan. Hal-hal yang direncanakan pada tahap ini adalah memilih dan menentukan pokok bahasan yang akan dijadikan objek PTK yaitu memilih dan menetapkan strategi pembelajaran sebagai tindakan pemecahan masalah, menyusun langkah-langkah penerapan strategi dalam bentuk desain atau rencana pembelajaran, merumuskan kembali masalah, dan diikuti dengan hipotesis tindakan. Jadi ada semacam kegiatan hierarkis pada prosedur ini. Dimulai dari pokok bahasan yang akan diteliti dan diakhiri dengan perumusan hipotesis tindakan.
Prosedur ketiga adalah adalah penetapan rencana pengumpulan data. Hal yang direncanakan pada bagian ini adalah penyusunan instrumen pengumpul data. Instrumen yang disusun ditetapkan untuk pengumpulan data apa, digunakan kapan, dan yang menggunakan siapa, jika memerlukan responden, respondennya siapa dan jumlahnya berapa. Pada bagian ini benar-benar terlihat hal-hal yang berhubungan dengan pengumpulan data.
Prosedur keempat adalah rencana analisis data. Pada bagian ini ditetapkan teknik untuk menganalisis data. Dengan cara atau teknik bagaimana data dianalisis, ditetapkan pada bagian ini. Selain itu, pada bagian ini juga ditetapkan interpretasi data atau refleksi. Dengan demikian, rencana tindakan selanjutnya dapat disusun berdasarkan hasil refleksi. Begitulah seterusnya sampai pada siklus yang kesekian.

11.    Apa yang dimaksud dengan instrument penelitian? Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis instrument dalam penelitian!
·      Instrumen penelitian adalah suatu alat yang digunakan mengukur fenomena-fenomena alam maupun sosial yang diamati.
·         Jenis-jenis instrument penelitian:
a.    Tes (test). Tes sebagai instrumen pengumpul data merupakan serangkaian pertanyaan ayau latihan yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.
b.   Kuisioner (angket). Kuisioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Kuisioner merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang diharapkan responden. Di samping cocok digunakan bila jumlah responden cukup besar, dan tersebar di wilayah yang luas.
c.  Wawancara (interview). Wawancara merupakan suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya dan lebih mendalam pada responden yang jumlah sedikit.
d.      Observasi (Pengamatan). observasi merupakan suatu proses kompleks, suatu proses yang tersusun dari perbagai proses biologis dan psikologis. Observasi adalah melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian bersifat perilaku dan tindakan manusia, fenomena alam, proses kerja dan penggunaan responden kecil.
e.   Dokumentasi adalah ditujukan untuk memperoleh data langsung dari tempat peneliti, meliputi buku-buku yang relevan, peraturan-peraturan, laporan kegiatan film dokumenter dan data lain yang relevan.
f.   Rating scale (skala bertingkat). Rating scale adalah teknik pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berisi skala yang bertingkat yang harus dipilih dengan cara melingkari. Pada rating scale, data mentah yang didapat berupa angka kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif.

12. Jelaskan langkah-langkah analisis data dalam masing-masing desain penelitian (a) experimental (b) ex post facto (c) deskriptif kualitatif (d) PTK!
a. Eksperiment, langkah analisinya: Mengumpulkan data kasar dan proses eksperimen; Mengorganisasikan dan mendeskripsikan data sesuai dengan variabel yang telah ditentukan; Menganalisis data dan melakukan tes signifikansi dengan teknik statistika yang relevan untuk menentukan tahap signifikasi hasilnya; Menginterpretasikan basil, perumusan kesimpulan, pembahasan, dan pembuatan laporan.
b.    Ex Post Facto, Teknik analisis data yang digunakan serupa dengan yang digunakan dalam penelitian diferensial maupun eksperimen, dimana perbandingan nilai variabel dependen dilakukan antar kelompok subjek atas dasar faktor yang menjadi konsen. Hal ini dapat dilakukan dengan teknik analisis Uji-T, independen atau ANAVA, tergantung dari jumlah kelompok dari faktor tersebut. Apapun teknik analisis statistik inferensial yang digunakan, biasanya analisis tersebut diawali dengan penghitungan nilai rata-rata atau mean dan standar deviasi untuk mengetahui perbandingan antar kelompok secara deskriptif.
c. Deskriptif kualitatif, langkah analisisnya; pertama mengisi jawaban, apabila peneliti menggunakan kuisioner sebagai pengumpul data, maka seluruh pertanyaan dalam kuisioner harus terisi; kedua melihat kejelasan tulisan, tulisan yang tidak jelas dan sulit dibaca dapat menimbulkan kesalahan persepsi jawaban, terutama jawaban pertanyaan terbuka; ketiga melihat kejelasan makna jawaban, cara penulisan jawaban yang tidak rapi dapat menyebabkan salah tafsir dan mengganggu kelayakan data; dan yang keempat konsistensi atau keajekan kesesuaian antar jawaban.
d.   PTK, langkah analisisnya: Melaksanakan survei terhadap kegiatan pembelajaran di kelas; Mengidentifikasi berbagai masalah yang dirasakan perlu untuk segera dipecahkan; Merumuskan secara jelas, dengan disertai penjelasan tentang penyebab-penyebabnya; Merencanakan tindakan   untuk mengatasi masalah yang muncul tersebut; Melaksanakan tindakan; Melakukan pengamatan terhadap kinerja dan perilaku siswa; Menganalisis dan merefleksi, menjelaskan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan tindakan; Melakukan perencanaan tindakan ulang untuk meningkatkan kualitas kinerja seperti yang dihendaki dan/atau memecahkan masalah yang tersisa.

23 komentar:

  1. Hello! I could have sworn I've visited this web site before but after going through a few of the articles I realized it's new to me.
    Nonetheless, I'm certainly pleased I found it and I'll be bookmarking it and checking back frequently!


    Stop by my weblog: Http://Vatgiong.Com/Index.Php?Do=/Profile-8476/Info/

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing your thoughts on pictures of tongue ulcers.
    Regards

    Here is my blog ... dating website

    BalasHapus
  3. Greetings from Colorado! I’m bored to tears at the office so I made a decision to browse your
    site on my iphone all through lunch break.

    Feel free to surf to my blog post: food news article

    BalasHapus
  4. What a data of un-ambiguity and preserveness of valuable knowledge on the topic
    of unexpected emotions.

    Feel free to visit my web blog ... http://www.faccedatennis.it/index.php?do=/blog/37293/online-community-tips-for-small-enterprises

    BalasHapus
  5. When I initially commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox and now every time a comment is added I get
    three emails with exactly the same comment. Will there be in whatever way
    you are able to remove me from that service?

    Bless you!

    Feel free to visit my homepage sustainability news

    BalasHapus
  6. I am in fact grateful to the owner of this website who
    has shared this wonderful piece of writing at here.

    Also visit my web page; food health articles

    BalasHapus
  7. I know this if off topic but I'm looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get set up? I'm assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
    I'm not very internet smart so I'm not 100% certain. Any recommendations or advice
    would be greatly appreciated. Cheers

    Look at my site :: business financial news

    BalasHapus
  8. Hi! This is kind of off topic but I need some guidance
    from an established blog. Is it very difficult to set up your own blog?
    I'm not very techincal but I can figure things out pretty quick. I'm thinking about making my
    own but I'm not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? Appreciate it

    Also visit my page government article

    BalasHapus
  9. I think that what you published made a lot of sense. However, think on this, suppose you added a little information?
    I mean, I don't wish to tell you how to run your website, but what if you added something that makes people want more? I mean "TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN" is kinda vanilla. You should look at Yahoo's front page and note how they
    create news titles to grab viewers interested. You might add a video or a pic or two to get people interested about everything've got to say. Just my opinion, it would make your website a little livelier.

    My website ... entertainment news

    BalasHapus
  10. It’s good to come across a blog every once in a while
    that isn’t the same old rehashed material. Fantastic read!
    I’ve saved your internet site and I’m adding your RSS feeds to
    my Google account.

    Here is my web site; www.cimbomfan.com

    BalasHapus
  11. Great post. I was checking continuously this blog and I am impressed!
    Extremely helpful info particularly the last part :) I care for such info a lot.
    I was looking for this particular information for a very long time.
    Thank you and good luck.

    Also visit my web page :: communication articles

    BalasHapus
  12. I’m uncertain precisely why but this website is loading acutely
    slow for me. Is someone else having this problem or
    is it a challenge on my end? I’ll check always
    back down the road and see if the problem still
    exists.

    Also visit my website; colleges and university

    BalasHapus
  13. Hello are using Wordpress for your site platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and set up my own.
    Do you require any coding expertise to make your own blog?
    Any help would be greatly appreciated!

    My webpage Frontyou.com

    BalasHapus
  14. Undeniably believe that which you stated.
    Your favorite reason seemed to be on the internet the easiest thing to be aware of.
    I say to you, I certainly get annoyed while people think about worries that they just don't know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side-effects , people can take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

    Feel free to surf to my blog; latest real estate news

    BalasHapus
  15. If some one wishes to be updated with latest technologies therefore
    he must be pay a quick visit this web page and be up to date everyday.


    Look at my web-site; precise manufacturing

    BalasHapus
  16. Wonderful weblog! I discovered it while searching on Yahoo News.
    Have you got any easy methods to get listed in Yahoo News?
    I’ve been trying for a time but I never appear to get there!
    Thanks

    Feel free to visit my blog post - Hair Fashion

    BalasHapus
  17. Hey would you mind sharing which blog platform you're using? I'm looking to
    start my own blog in the near future but I'm having a hard time making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I'm looking for something
    unique. P.S Apologies for getting off-topic
    but I had to ask!

    Feel free to visit my website :: Video Game News

    BalasHapus
  18. I leave a response each time I like a article on a blog or if I have something to contribute to the conversation.
    Usually it is caused by the sincerness displayed in the article I read.
    And after this post "TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN".

    I was excited enough to leave a thought :-) I actually do have a few questions
    for you if you do not mind. Could it be simply me or
    does it give the impression like a few of the comments come across
    like written by brain dead individuals? :-P And, if you are posting at additional social sites, I would like to keep up with you.

    Would you make a list the complete urls of your community sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?


    Look into my homepage: plastics manufacturing

    BalasHapus
  19. Have you ever considered about adding a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is fundamental and all.
    But think about if you added some great graphics or videos to give your posts more, "pop"!
    Your content is excellent but with images and clips, this site
    could undeniably be one of the most beneficial in its niche.
    Very good blog!

    Also visit my web page; entertainment articles

    BalasHapus
  20. Hello just wanted to give you a brief heads up and let you know
    a few of the images aren't loading properly. I'm
    not sure why but I think its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same outcome.

    my web page Beautiful Bottoms []

    BalasHapus
  21. What's up to every one, the contents existing at this site are in fact remarkable for people knowledge, well, keep up the good work fellows.

    Here is my homepage :: Hair Fashion 2011

    BalasHapus
  22. I couldn't resist commenting. Well written!

    Here is my webpage: click through the following post

    BalasHapus
  23. It's going to be ending of mine day, but before end I am reading this fantastic paragraph to improve my experience.

    my web page New Business

    BalasHapus

powered by
Socialbar